Mari Berbagi | Tuangkan dalam Tulisan ..

Shanghai Siap Membara April 30, 2008

Filed under: News — Rh Lz @ 4:57 pm

SHANGHAI – Sirkuit Shanghai akan segera menjadi pusat perhatian pecinta MotoGP seluruh dunia. Grand Prix MotoGP China akan digelar, Minggu (4/5/2008) nanti. Banyak kalangan yakin adu cepat di Shanghai itu menjadi balapan paling spektakuler dalam kalender musim ini.

Sirkuit Shanghai menjadi salah satu lintasan modern yang selalu menyediakan tantangan bagi setiap pembalap. Uniknya, layout lintasan di Sirkuit Shanghai ini memang menggambarkan simbol China ? Shang’ dalam bahasa China.

Sirkuit Shanghai mempunyai dua lintasan trek lurus yang panjang yang akan memberikan keuntungan bagi motor berkecepatan tinggi. Namun lintasan ini juga menggabungkana tikungan lembut dan tajam yang menguji kemampuan pembalap.

Kombinasi kecepatan dan skill membalap inilah yang akan membuat persaingan siapa yang akan menjadi jawara Shanghai masih sulit ditentukan. Kecepatan motor dan kecerdasan pembalap akan teruji di sirkuit kebanggaan negara komunis itu.

Sirkuit Shanghai didesain oleh Hermann Tilke yang terkenal sangat pintar memadukan unsur kecepatan dan kecerdesan. Trek lurus Sirkuit Shanghai sendiri mempunyai panjang 1.202 meter dan lebar 12 meter. Sirkuit ini memang mempunyai lintasan lurus terpanjang saat ini.

Bukti kecerdasan Tilke juga tercermin dari seimbangnya tikungan di Sirkuit Shanghai. Sebanyak tujuh tikungan kiri dan tujuh tikungan kanan, tentu menggambarkan sirkuit ini pantas menjadi tempat pembuktian para pembalap sesungguhnya.

Sejak pertama menggelar balapan MotoGP pada 2005 lalu, juara Shanghai juga selalu berbeda. Pada gelaran pertama, Valentino Rossi menjadi jawaranya. Sedangkan pada 2006 pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa menjadi yang tercepat dan pada 2007 giliran Casey Stoner.�

Statistik Sirkuit Shanghai :

2005: 1-Valentino Rossi (Yamaha), 2-Olivier Jacque (Kawasaki), 3-Marco Melandri (Honda).
2006: 1-Dani Pedrosa (Honda), 2-Nicky Hayden (Honda), 3-Colin Edwards (Yamaha).
2007: 1-Casey Stoner (Ducati), 2-Valentino Rossi (Yamaha), 3-John Hopkins (Suzuki).
Rekor Lap: Dani Pedrosa (Honda – 2006) 1’59.318 – 159.335 km/h.
Pole Terbaik: Valentino Rossi (Yamaha – 2007) 1’58.424 – 160.583 km/h.
Fastest Speed: Makoto Tamada (Honda – 2006) 343.7km/h
Panjang Lintasan: 5.281 km.
Lap MotoGP 2008: 22 laps (116.182 km).

Dikutip dari Okezone.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s